13 Agama Teraneh di Dunia yang Benar-Benar Ada

Jul 3, 2020
Karir di NEC Corporation

Telah lama kita mengenal berbagai agama yang tersebar di seluruh dunia, seperti Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan lain sebagainya. Namun, di luar dari agama-agama yang umum, terdapat juga kepercayaan-kepercayaan unik yang mungkin jarang kita dengar. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi 13 agama teraneh di dunia yang benar-benar ada.

1. Aetherius Society

Agama Aetherius Society didirikan oleh George King pada tahun 1955. Mereka meyakini bahwa bumi bukanlah satu-satunya planet yang dihuni oleh kehidupan cerdas, dan keyakinan ini menjadi dasar ajaran-ajaran mereka.

2. Church of the Flying Spaghetti Monster (Pastafarianism)

Church of the Flying Spaghetti Monster, juga dikenal sebagai Pastafarianism, merupakan agama satir yang pertama kali muncul sebagai protes terhadap pengajaran kreasionisme di sekolah-sekolah.

3. Cargo Cults di Pasifik

Suku-suku di wilayah Pasifik seperti Vanuatu dan Papua Nugini mengamalkan apa yang dikenal sebagai Cargo Cults. Mereka percaya bahwa benda-benda dari luar akan membawa kekayaan dan kemakmuran kepada mereka.

4. Jediism

Jediism diilhami oleh ajaran-ajaran Jedi dari waralaba Star Wars. Para penganutnya mengembangkan ajaran-ajaran moral dan spiritual dari karakter-karakter dalam film tersebut.

5. Church of Euthanasia

Church of Euthanasia memiliki empat prinsip dasar: tidak beranak, tidak berlebihan, tidak bermaksud membunuh, dan tidak memperbanyak diri. Mereka mempromosikan depopulasi sebagai solusi atas masalah lingkungan.

6. The Prince Philip Movement

Di Kepulauan Tanna, Vanuatu, terdapat The Prince Philip Movement yang memuja Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II. Mereka percaya bahwa Pangeran Philip adalah tokoh gaib yang berkaitan dengan ramalan lokal.

7. Heaven's Gate

Heaven's Gate adalah sekte yang mencapai sorotan media pada tahun 1997 setelah mengadakan ritual bunuh diri massal. Mereka percaya bahwa melalui tindakan tersebut, roh mereka akan diangkut ke pesawat luar angkasa.

8. The Moonies

Gerakan agama The Moonies didirikan oleh Sun Myung Moon pada tahun 1954. Mereka percaya bahwa Moon adalah utusan Tuhan yang ditugaskan untuk menyebarluaskan ajaran-ajaran baru.

9. Raëlism

Raëlism didirikan oleh Claude Vorilhon, yang mengklaim telah bertemu dengan makhluk asing yang memberikannya ajaran-ajaran agama baru. Mereka mempraktikkan klona manusia dan percaya pada pluralitas dan keadilan.

10. The Church of the SubGenius

The Church of the SubGenius adalah agama parodi yang mencampurkan unsur-unsur humor dengan kritik sosial. Mereka memuji Konsul Bobs dan mengejek institusi-institusi resmi.

11. The Creativity Movement

The Creativity Movement adalah gerakan supremasi kulit putih yang didirikan oleh Ben Klassen. Mereka mempromosikan supremasi ras kulit putih dan anti-Semitisme.

12. The Church of Scientology

The Church of Scientology didirikan oleh L. Ron Hubbard pada tahun 1954. Mereka mengembangkan praktik-praktik spiritual dan dianetika sebagai cara untuk mencapai kebebasan spiritual.

13. Discordianism

Discordianism adalah agama khaos yang didasarkan pada prinsip-prinsip Khaosisme. Mereka memimpikan dunia tanpa aturan, sehingga mempromosikan kekacauan sebagai jalan menuju pencerahan.